Bupati Lampung Timur, M.Dawam Rahardjo, menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah penggerak pembang

SHARE

INSPEKTORAT.lampungtimurkab.go.id, Lampung Timur - Bupati Lampung Timur, M.Dawam Rahardjo, menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah penggerak pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, dalam peringatan Hari Bhakti Transmigrasi Nasional ke-73 di Halaman Pemkab Lampung Timur, Selasa, (12/12/2023).

Menteri Abdul Halim Iskandar mengatakan transmigrasi telah memberikan sumbangan pembangunan nusantara, utamanya telah berhasil membangun 1.567 desa baru, 466 kecamatan baru, 116 kabupaten baru, dan 3 provinsi baru.

Menteri melanjutkan, Sumbangan transmigrasi bagi pembangunan nasional, diwujudkan dengan membangun 3.606 satuan perukiman transmigrasi, di 619 kawasan transmigrasi.

"Transmigrasi telah menempatkan 2,2 juta keluarga, yang terdiri atas 9,2 juta jiwa, di permukiman transmigrasi dari Sabang sampai Merauke," ujar Menteri Abdul Halim.

Menteri Abdul Halim Iskandar juga mengusulkan agar Hari Bhakti Transmigrasi menjadi Hari Transmigrasi Nasional sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi atas kontribusi besar transmigrasi dalam pembangunan negara.

BACA JUGA

Dalam upaya mempercepat pembangunan kawasan transmigrasi khususnya bidang akademis, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), membuka peluang bagi anak-anak transmigrasi untuk menikmati pendidikan tinggi di bidang teknik di ITS.

"Ini merupakan langkah positif untuk memajukan potensi anak-anak transmigrasi melalui pendidikan," kata Abdul Halim Iskandar.

Dalam momen yang penuh semangat ini, Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo menyampaikan rasa syukur dan dedikasinya untuk mewujudkan pembangunan transmigrasi yang berkelanjutan di wilayahnya.

"Penghargaan ini bukan hanya milik saya pribadi, tetapi juga rakyat Lampung Timur yang telah bersama-sama berjuang dalam mewujudkan kawasan transmigrasi yang berkembang dan memberdayakan masyarakat," kata Dawam