STUDI TIRU PADA INSPEKORAT KAB. PRINGSEWU (20/10/2023)

SHARE

Inspektorat.Lampungtimurkab.go.id. Inspektorat Kabupaten Lampung Timur melakukan kunjungan atau melakukan studi tiru serta konsultasi pelaksanaan SISWASKEUDES pada Inspektorat Kabupaten Pringsewu, selain itu berkunjung juga ke desa Wono Dadi Kec.Gading Kabupaten Pringsewu, kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jum'at 20 Oktober 2023.

Inspektur dan Tim dari Inspektorat Kabupaten Lampung Timur dalam kunjungannya disambut dengan baik oleh Inspektur, Sekretaris, Semua Irban dan Staf pada Inspektorat Kabupaten Pringsewu.

Menurut Drs. Ahmad Zainuddin, M.AP ada Beberapa yang perlu kami belajar atau stadi tiru yaitu salah satunya pelaksanaan SISWASKEUDES pada Inspektorat Kabupaten Pringsewu yang sudah berjalan. harapan kami nantinya dapat diterapkan pada kantor kami.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Inspektorat Kabupaten Pringsewu menjelaskan bahwa "Peran dan Fungsi Inspektorat diatur dalam Pasal 33 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor  72 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, Pasal 19  Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan Dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Berdasarkan Pasal 4  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2020 Tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa"

Sekretaris Inspektorat Kabupaten Pringsewu melanjutkan "SISWASKEUDES ini membantu para APIP itu sendiri dalam Pengawasan Dana Desa yang Akuntabel dan transparan sehingga APIP dapat menetapan Pemetaan Resiko, Skor Resiko dan untuk pemilihan sebagai Sample.

Apakan LHP ditindaklanjuti pada saat tahun berjalan dan apa sanksi bila belum ditindaklanjuti ? iya, pada saat tahun berjalan. bagi desa dalam waktu 20 hari sejak diterbitkannya LHP belum di tindaklanjuti maka akan dikenakan sanksi berupa penundaan pencairan dana berikutnya.

Bagaimana cara untuk menerapkan SISWASKEUDES ? tentu perlu disiapkan diantaranya yaitu Perlengkapan Komputer (Server ) yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang tinggi, Jaringan Internet,  SDM dari Dinas PUMD yang berintegritas tinggi, untuk pelaksanaannya perlu adanya bimbingan dari BPKP Perwakilan Provinsi Lampung ujar Sekretaris Inspektorat Kabupaten Pringsewu.

"ada beberapa desa yang nilainya cukup baik yaitu di Desa Wono Dadi Kecamatan Gading Kabupaten Pringsewu, baik dalam pengelolaan SISWASKEUDES maupun administrasi pertanggungjawaban keuangan, jika kurang paham kaur atau sekdes selalu aktif konsultasi ke Inspektorat Kabupaten Pringsewu "ujar Sekretaris Inspektorat Kab. Pringsewu