HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA TAHUN 2023

SHARE

HAKORDIA

Sebagai bentuk komitmen dunia dalam melawan korupsi, Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 9 Desember. Ditetapkan PBB sejak tahun 2003, Hakordia telah menyatukan pandangan negara-negara bahwa korupsi ialah musuh bersama karena dampak buruk yang ditimbulkannya.

Melalui Hakordia, negara-negara ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan yang luar biasa. Di Indonesia, KPK menggelar peringatan Hakordia dengan sosialisasi, kampanye, dan penyadaran bahaya akan korupsi kepada masyarakat melalui berbagai program dan acara menarik.

Dengan tema Hakordia tahun ini: “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju”, KPK ingin melibatkan peran serta masyarakat dan partisipasi publik untuk meningkatkan kesadaran dalam memberantas korupsi, sehingga masyarakat dapat menjadi aktor utama dengan terus menumbuhkan inisiatif dan rasa kepemilikan masyarakat dalam pemberantasan korupsi.

TEMA DAN LOGO

HAKORDIA

Desain Logo Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2023 merupakan logo abstrak yang menggambarkan semangat melawan dan memberantas korupsi di Indonesia.

Desain logo ini dibuat menampilkan ilustrasi orang saling bergenggaman/bergandeng erat dan bersatu dalam keanekaragaman yang digambarkan dengan banyak warna

Kata “Sinergi” bermakna kolaboratif yang melibatkan partisipasi seluruh pihak dalam memberantas korupsi, dan Mengandung makna optimisme Indonesia untuk bersinergi memberantas korupsi.

Kata “Berantas” bermakna semangat, daya juang, kebangkitan, dan tidak permisif terhadap korupsi.

Kata "Indonesia Maju" terinspirasi dari tema HUT ke-78 kemerdekaan RI, "Terus Melaju untuk Indonesia Maju". Kata ini merupakan harapan dari upaya pemberantasan korupsi yang berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia maju

KEGIATAN

MAIN EVENT HAKORDIA 2023

Pembukaan puncak peringatan Hakordia 2023 akan dilaksanakan pada 12 Desember 2023 bertempat di Ruang Utama/Arena Istora Gelora Bung Karno (Istora Senayan), Jakarta dan dapat disaksikan secara langsung melalui media sosial KPK.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan hadir untuk membuka secara resmi rangkaian Hakordia 2023, yang sekaligus akan memberikan arahan langsung mengenai program pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Dalam kegiatan ini juga turut hadir para menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan perwakilan mitra KPK dari seluruh Indonesia.

 

Pembukaan puncak peringatan Hakordia 2023 akan dilaksanakan pada 12 Desember 2023 bertempat di Ruang Utama / Arena, Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, yang dilaksanakan secara hybrid dari area panggung utama dan dapat disaksikan secara langsung (live) secara streaming melalui media sosial KPK. Acara pembukaan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia untuk dapat membuka rangkaian Hakordia 2023 secara resmi, sekaligus dapat memberikan arahan langsung mengenai program pencegahan dan pemberantasan korupsi sehingga dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan program antikorupsi ke depan bagi seluruh pemangku kepentingan antikorupsi di Indonesia secara khusus, dan kepada masyarakat secara umum.
Berikut rangkaian acara pembukaan hakordia 2023

Pertunjukan Aksi "Sinergi Nusantara"

Sebuah pagelaran kolaborasi aksi berbalas pantun antikorupsi dengan tarian, bertajuk "Sinergi Nusantara" yang disajikan secara apik dan menghibur. Aksi pantun akan dilakukan oleh para siswa/siswi SMA dan SMK dari Provinsi Jambi yang merupakan finalis lomba berbalas pantun yang diselenggarakan KPK dalam rangka Roadshow Bus KPK 2023 di pulau Sumatera.

Video Sinergi Pemberantasan Korupsi

Sesi Peran Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK)

Rangkaian Launching

Rangkaian Awarding

Penayangan Video Pre-Launch hasil SPI 2023 dan Hasil SPI Pendidikan Tahun 2023

 

Hari/Tanggal Pukul Tempat
Selasa, 12 Desember 2023 09.00 - 12.00 WIB Ruang Utama / Arena, Istora Gelora Bung Karno, Jakarta

 

SE DAPAT DI DOULOAD DISINI SE HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA TAHUN 2023